Senin, 10 Februari 2014

Apakah Fanfic dan Bagaimana Membuatnya?




Apa itu fan fiction? Mungkin bagi anda yang memiliki artis idola sering mendengar tentang hal ini, tapi bagi anda yang bukan seorang penggemar, rasanya asing mendengarnya. Benarkah begitu?
Awalnya saya juga merasa aneh dengan sebuah karya tulis yang memiliki kata “Fan Fiction”, tapi setelah saya menelusurinya dan memahaminya bertahun-tahun, akhirnya saya mengetahuinya.
Biasanya fan fiction atau yang biasa di singkat fanfic ini beredar di kalangan penggemar K-Pop atau J-Anime. Fan Fiction itu sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti fiksi penggemar. Jadi Fanfic ini adalah karya tulis fiksi yang dibuat oleh penggemar dengan artis atau tokoh idolanya sebagai pemain. Alasan para penggemar menulis fanfic pun beragam, tapi untuk saya pribadi, yang juga suka menulis fanfic, saya menulis biasanya untuk mengisi waktu luang dan membuat para penggemar yang lain seolah lebih dekat dengan idolanya. Ini menguntungkan diri saya, karena dengan begitu biasanya banyak masukan dari para pembaca.
Lalu, bagaimana cara menulis fanfic?
Pernahkah anda mengarang suatu karya tulis? Atau menulis sebuah pengalaman pribadi? Jika pernah, mudah saja anda membuat fanfic. Bagi anda yang suka berimajinasi atau memiliki daya khayal yang tinggi, anda bisa dengan cepat memiliki ide-ide untuk membuat fanfic.
1.      Title [ Judul ]
Penentuan judul yang baik dan pas dengan alur cerita akan membuat pembaca lebih mudah tertarik dengan cerita yang disadurkan. Hal ini mengingat bahwa ‘judul’ merupakan bagian pertama yang dibaca para pembaca sebelum memasuki sebuah cerita.
Pemilihan judul sendiri tidak diharuskan berbahasa Inggris atau bahasa asing. Memiliki karakter/kepribadian tersendiri itu merupakan hal yang unik. Jadi cukup menjadi diri sendiri, anda tidak perlu memaksakan sebuah judul dengan bahasa Inggris atau bahasa asing, jika anda merasa itu tidak perlu. Anda bisa menggunakan bahasa sesuka hati anda. Misalnya bahasa Indonesia, bahasa daerah, atau bahkan bahasa alien XD
2.      Author [ Nama Penulis ]
Ini diisi dengan nama anda. Boleh itu nama pena yang anda karang sendiri, nama asli, silahkan terserah kalian!
Menulis itu adalah salah satu bentuk kreasi, dan tidak ada yang berhak melarang seseorang untuk berkreasi. Jadi berkreasilah sesuka hati, dan buatlah nama anda sendiri menjadi kebanggaanmu saat berkreasi!. Jangan pedulikan hardikan orang lain yang mengatakan anda lebay, alay, berlebihan, parno, katro dll. Berbangga dengan diri sendiri. Penulis yang hebat adalah penulis yang bisa bertahan dengan konsekuensinya dalam menulis (tidak mudah terpengaruh)
3.      Genre [ Aliran ]
Genre, adalah  aliran dari alur yang disajikan. Misalnya : fantasy, romance, comedy, horror, friendship, dll.
Genre yang berbeda dari orang kebanyakan bukan suatu masalah. Bahkan bisa menjadi keuntungan tersendiri. Karakter yang berbeda itu unik! Carilah sesuatu yang unik dan sekreatif mungkin, yang bisa anda ciptakan, tanpa perlu mempedulikan atau mengikuti orang lain.
4.      Main Cast [ Tokoh]
Tokoh atau pemain dalam cerita. Banyak sedikitnya ini menjadi modal utama laku atau tidaknya cerita kita dibaca. Untuk fan fiction sendiri lebih baik gunakan ‘cast’ yang sudah cukup dikenal orang banyak.
Misal untuk artis korea : Member Super Junior, member MBLAQ, Member shinee, Member boyfriend, Member F(x), Member 2NE1, EXO dll.
Karena kebanyakan para pembaca akan enggan membaca sebuah cerita yang tokoh atau pemerannya tidak mereka kenali.
5.      Rating [batasan umur]
Ini tidak terlalu penting. Tapi bagi sebagian orang menjadi sangat penting. Maklum, saya bukan penggemar Fan Fiction berating tinggi atau bergenre YAOI/YURI. Saya suka Fan Fiction yang normal-normal saja. Tapi kalau anda suka Fan Fiction jenis seperti itu, ya tidak masalah. Silahkan anda berkarya. Dan tentukan ratingnya. Mungkin ini bisa membantu menentukan rating:
  •       Rating general / semua umur : cerita bersifat umum dan dapat diterima orang banyak. Cerita mudah diserap tanpa penyaringan atau istilahnya ‘berpikir berat’. Contoh cerita : persahabatan anak kecil, kisah keluarga, dll.
  •       Rating PG-13 / PG 13 + : batasan umur pembaca antara 13 tahun kebawah/13 tahun ke atas. Cerita bersifat terkesan berat, dan perlu penyaringan saat membaca. Bisa juga karena ada beberapa kalimat atau keterangan pada cerita yang dirasa tidak layak diketahui  anak dibawah batasan umur tersebut . Contoh cerita : kisah cinta anak remaja, kisah perkelahian, kisah keluarga yang berantakan, dll.
  •       Rating PG- 15/ PG 15 + : batasan umur pembaca antara 15 tahun ke atas/ke bawah. Alur cerita/ dan konflik biasanya terkesan lebih berat, banyak terdapat hal-hal yang harus disaring dan dicerna baik-baik terlebih dahulu. Contoh : kisah pembunuhan(jika terdapat unsur yang mengarah pada kekerasan yang tergolong lebih sadis(?)Dialihkan menjadi NC 17/dewasa), kisah percintaan yang diiringi adegan-adegan (“) >> jika mengarah pada adegan yang lebih (“) dialihkan menjadi NC 17 atau bahkan NC 21.
  •       Rating NC 17 : ceritanya dianggap tidak terlalu pantas untuk anak dibawah umur, dikarenakan banyak terdapat hal-hal yang dikhawatirkan menjadi pengaruh negatif bagi anak kecil. Contoh : konflik pernikahan suami-istri.- Rating 21 : cerita mengarah pada adegan-adegan orang dewasa yang dirasa sangat tidak pantas dibaca oleh anak dibawah umur, karena diyakini dapat dengan jelas merusak mental dan berpengaruh (-). Contoh : ……zzz……

6.       Length [Panjang cerita]
Terdiri atas beberapa kategori, missal :
  •       Oneshoot [cerita yang hanya memiliki satu konflik dan biasanya langsung selesai dalam satu tahap]
  •       Twoshoot [cerita memiliki satu atau lebih konflik tapi diselesaikan dalam dua tahap karena jika diselesaikan dalam satu tahap akan menjadi sangat panjang]
  •       Sequel /chaptered [cerita bersambung, memiliki banyak konflik dan tahapan-tahapan yang lebih rumit sehingga diselesaikan dengan banyak bagian]


Setelah itu semua anda tulis, tapi tidak semua wajib ditulis, anda bisa memulai meletakkan karya fiksi anda. Bisa dengan pengenalan terlebih dahulu, atau pesan-pesan yang akan anda sampaikan sebelum pembaca membaca karya anda dan lain sebagainya.

Jika anda sudah mengerti, anda bisa mulai mencobanya. Semoga berhasil!! ^_^

Tidak ada komentar: